JAKARTA – Selama enam bulan pertama di 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat total penjualan retail sebesar 187.438 unit kendaraan. Dari total angka tersebut, sebanyak 180.580 unit datang dari segmen kendaraan penumpang Toyota.
Vice President Director TAM, Henry Tanoto, dalam keterangan resmi yang diterima Okezone mengatakan, “Hasil positif pada semester 1 2016 ini, semakin membuat TAM optimis dalam menghadapi kompetisi. Saya berharap tren pertumbuhan akan terus terjaga hingga akhir tahun.”
Pada semester pertama 2016, hampir semua segmen kendaraan penumpang Toyota mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan tertinggi diraih sedan yang market share-nya naik dari 49,4 persen pada semester pertama 2015 menjadi 56,2 persen di semester pertama 2016.
Segmen hatchback Toyota membukukan pangsa pasar 36,9 persen pada semester pertama 2016 atau naik dari 35 persen pada semester pertama tahun lalu.
Segmen MPV mencatatkan market share 53,5 persen pada Januari hingga Juni 2016 atau naik dari 49,9 persen pada tahun lalu. Peningkatan pada segmen tersebut didorong oleh produk andalan Toyota, yakni Avanza yang terjual sebanyak 74.928 unit dengan market share 48,8 persen. Sepanjang semester pertama, Avanza tumbuh 4,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.
Sementara itu, segmen SUV Toyota dengan produk andalan Rush dan Fortuner, secara volume mengalami kenaikan penjualan dari 19.891 unit tahun lalu menjadi 26.505 unit pada enam bulan pertama 2016.